Cara Instal Net Framework 3.5 di Windows 8

5/17/2014
Ternyata pada Windows 8 yang merupakan versi sangat baru dibandingkan Windows 7 tidak menyertakan secara otomatis .Net Framework 3.5 kebawah. Karena sudah menggunakan versi .Net 4.5. Sangat berbeda dengan Windows 7 yang menyertakan itu secara otomatis. Akibatnya beberapa program aplikasi yang membutuhkan .Net Framework 3.5 agar bisa berjalan seperti aplikasi AutoCAD Land Desktop 2009 tidak akan bisa di instal kecuali instal terlebih dahulu .Net Framework 3.5 di komputer tsb.

Sebelumnya saya sudah pernah mencoba menggunakan installer offline .Net 3.5 yang biasanya saya gunakan pada Windows XP. Namun tidak berhasil, tetap saja kita diharuskan download secara online. Mungkin bagi yang punya koneksi internet memadai ini tidak menjadi masalah, tapi bagaimana bagi yang punya koneksi internet yang minim. Atau bahkan tidak punya koneksi internet sama sekali.


Pada catatan teknisi kali ini saya ingin berbagi ilmu gratis lagi kepada pembaca semua khususnya para sobat teknisi komputer, tentang bagaimana cara instal .Net Framework 3.5 di Windows 8 secara offline. Caranya lumayan mudah, yang kalian butuhkan hanya satu yaitu DVD installer Windows 8.

Tutorial :
  • Masukkan DVD installer Windows 8 ke dalam DVD-Drive
  • Matikan segala koneksi internet. Karena saya pernah gagal kalau sedang konek ke internet
  • Buka CMD, search pada menu start screan kemudian ketikkan "cmd" maka akan muncul aplikasi yang bernama Command Prompt. Klik kanan lalu pilih Run as administrator pada pilihan menu di bawah 

  • Ketikkan kode perintah berikut dengan benar
 DISM.exe<spasi>/Online<spasi>/enable-feature<spasi>/featurename:NetFX3<spasi>/Source:E:\sources\sxs<spasi>/LimitAccess
  • Kode yang berwarna merah adalah drive letter DVD installer Windows 8 yang tadi dimasukkan. Pastikan dengan benar
  • Kalau sudah tekan enter, maka proses instalasi akan berjalan. Tunggu hingga 100%. Mungkin proses terasa lama, bersabarlah


  • Jika sudah, restart komputer. Sekarang coba instal aplikasi yang tadinya membutuhkan .Net Framework 3.5
NB: Sebaiknya gunakan Windows 8 yang sama saat instalasi pada komputer kalian.

Selamat mencoba, semoga berhasil. ;)

Seorang yang kebetulan berprofesi sebagai Teknisi Komputer di salah satu toko Komputer di Palangkaraya. Saya orangnya pelupa, oleh karena itu blog ini ada. hehee... XD.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
AL AL AL
AUTHOR
17/5/15 delete

harus pake dvd installer?

Reply
avatar
Syaifuddin
AUTHOR
19/5/15 delete

Iya gan harus menggunakan dvd installernya. Kalau agan punya data image Windows-nya bisa langsung di mount aja.

Reply
avatar