Cara mengatasi SD Card yang Write Protected

2/12/2014
Mungkin kalian pernah menemui masalah seperti yang saya alami baru-baru ini. Indikasinya card reader pada notebook saat dimasukkan sd card ataupun adapter micro sd tidak dapat di isi apapun. Tidak hanya itu, dihapus dan mau dirubah namanya pun tidak bisa. Jadi fungsinya seperti read only alias cuman bisa dibaca.

Kalau kalian menemui masalah seperti saya ini kalian bisa mengikuti cara saya mengatasi masalah tersebut disini. Kebetulan notebook yang bersangkutan adalah merk Acer E1-431.

Sebelumnya pastikan dahulu apakah yang bermasalah adalah sd card atau card reader pada notebooknya. Caranya pasang sd card ke notebook atau PC lain yang ada card readernya. Lalu coba copy sebuah file. Kalau proses copy file berhasil dan tidak mengeluarkan peringatan Write Protected lagi. Berarti yang bermasalah adalah card reader pada notebook. Nah inilah yang saya alami kemarin.

Hal ini mungkin terjadi dikarenakan sistem Lock pada sd card yang sudah tidak berfungsi normal. Seakan-akan sd card dalam kondisi Lock padahal sudah diposisikan ke Unlock. Cara mengatasi sangat mudah, hanya sediakan lem plester. Kebetulan yang saya gunakan plester yang bening kecil, tidak tau kalau menggunakan plester model lain bisa berhasil atau tidak. Tempelkan ke sd card seperti pada gambar di bawah ini.
 



Kalau sudah silahkan dicoba lagi copy file ke sd card tadi. Ini sudah saya buktikan sendiri dan Alhamdulillah berhasil. Owh iya, usahakan lem ditebalkan kira-kira 3 kali.

Semoga catatan saya ini bermanfaat bagi kalian dan kalian berhasil mengatasi masalahnya juga.

Seorang yang kebetulan berprofesi sebagai Teknisi Komputer di salah satu toko Komputer di Palangkaraya. Saya orangnya pelupa, oleh karena itu blog ini ada. hehee... XD.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

8 komentar

Write komentar
Anonim
AUTHOR
18/7/14 delete

terimakasih banyak infonya, gan..!! :)

Reply
avatar
Macam-Macam
AUTHOR
21/9/14 delete

ga ngaruh gan...ada solusi lain...kl harus beli card reader 3.0 malah sih...hehehe...makasih

Reply
avatar
25/9/14 delete

Ternyata membantu,, Thanks..

Reply
avatar
KOMUSTI
AUTHOR
17/2/15 delete

makasih gan .. ternyata berhasil dan sangat membantu

Reply
avatar
krishpandu
AUTHOR
27/4/15 delete

hahha tengkiyu gan... membantu |o|

Reply
avatar
Riski WR
AUTHOR
8/6/15 delete

Bgian mana yg diplester?

Reply
avatar
Syaifuddin
AUTHOR
11/8/15 delete

Pada bagian pengunci.

Reply
avatar
barcelona
AUTHOR
4/9/17 delete

Hihi Thanks Gan, it's Work :)

Reply
avatar